Friday 28 December 2012

Polisi LA Luncurkan Program Tukar Senjata Api dengan Voucher Belanja


Polisi LA Luncurkan Program Tukar Senjata Api dengan Voucher Belanja



Jakarta - Dalam rangka menekan angka kejahatan di kota Los Angeles (LA), terutama yang berkaitan dengan penembakan massal, pihak kepolisian setempat meluncurkan sebuah program baru. Program tersebut adalah membeli kembali senjata-senjata yang saat ini beredar di masyarakat.

Program ini diprakarsai oleh Mayor Antonio Villaraigosa. Dalam program ini, polisi akan memberikan USD 200 voucher belanja di supermarket kepada masyarakat yang mengembalikan senjata api otomatis, dan bagi para masyarakat yang mengembalikan senjata berjenis pistol, dan shotgun.

"Ada banyak yang dapat kita lakukan, ini merupakan hanya salah satu bentuk yang dapat kami lakukan. Kami juga harus prihatin dengan budaya kekerasan yang ada di dalam negeri ini," ujar Villaraigosa seperti dikutip dari Reuters, Kamis (27/12/2012).

Pihak kepolisian LA sebenarnya sudah melakukan program ini sejak 2009, program ini juga dilakukan di beberapa kota lain seperti Detroit dan Boston. Bahkan kepolisian San Diego pada awal bulan Desember 2012 ini baru saja menjalankan program ini.

Dari hasil program 'buyback' yang dilakukan oleh kepolisian LA ini, polisi berhasil mengumpulkan 1.477 senjata api. Terdiri dari 477 pistol, 49 senjata serbu.

Akhir-akhir ini memang marak aksi penembakan brutal di AS yang memakan korban jiwa. Salah satunya yang terjadi di Connecticut, AS, aksi penembakan dilakukan di SD Sandy Hook. Peristiwa tersebut memakan korban jiwa lebih dari 20 orang. Adam Lanza menjadi orang yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

detik.com
Support Full This Blog!! Support Full This Blog!!

0 comments:

Post a Comment