Thursday 31 January 2013

Katulampa Siaga II, Warga Jakarta Diminta Waspada!


Katulampa Siaga II, Warga Jakarta Diminta Waspada!



Jakarta - Air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, mencapai ketinggian hingga 160 cm. Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) meminta warga bantaran Kali Ciliwung di Jakarta untuk waspada.

"Pada pukul 17.00 WIB tinggi muka air di Katulampa Bogor naik hingga 160 cm dan masuk dalam Siaga II. Dengan ketinggian air tersebut maka banjir dapat menggenangi permukiman warga Jakarta di bantaran sungai Ciliwung hilir," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada detikcom melalui surat elektronik, Kamis (31/1/2013).

Sutopo menjelaskan ketinggian ini masih di bawah ketinggian air yang menyebabkan sejumlah wilayah di bantaran Kali Ciliwung banjir pertengahan Januari lalu. "Banjir yang terjadi tidak setinggi 15 Januari lalu. Pada pukul 18.00 WIB, tinggi muka air Katulampa sudah turun menjadi 130 cm (Siaga III)," ujar Sutopo.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan di Jakarta akan terus meningkat hingga Maret 2013 mendatang.

"BMKG memprediksikan hingga seminggu mendatang curah hujan di Jakarta akan meningkat dan berpeluang terjadi hujan lebat. Masyarakat Jakarta diimbau waspada dari ancaman banjir hingga Maret mendatang," ujar Sutopo.

Terkait ketinggian air Katulampa saat ini, BNPB telah berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang yang menangani masalah bencana. Daerah yang disiagakan meliputi Cililitan, Cawang, Bidaracina, Kampung Melayu, Pejaten Timur, Rawajati, Pengadegan, Kebon Baru, dan Bukitduri.

"Terkait dengan hal tersebut Kepala BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan informasi ke semua Kepala SKPD di DKI Jakarta untuk mengambil langkah-langkah antisipasinya. Kepala Satpol PP, Dinas Damkar dan PB, Kesehatan, Sosial, PU, Kebersihan, Indo Energi, Taman Makam, Perhubungan, Pendidikan, dan Pemuda diminta kesiapsiagaannya dan mendekatkan personel, logistik, peralatan di lokasi rawan banjir," ujar Sutopo.

Sutopo memprediksi air kiriman akan tiba di Jakarta 9-12 jam kemudian, khususnya wilayah bantaran Ciliwung sekitar pukul 05.00 WIB hari Jumat (1/2). 

Berikut status pintu air yang terhubung dengan Bendungan Katulampa di Jakarta:

Angke Hulu 90 cm (siaga IV)
Pesanggrahan 60 cm (siaga IV)
Krukut Hulu 70 cm (siaga IV)
Katulampa 130 cm (siaga III)
Depok 120 cm (siaga IV)
Manggarai 680 cm (siaga IV)
Cipinang Hulu 75 cm (siaga IV)
Sunter Hulu 50 cm (siaga IV)
Karet 390 cm (siaga IV)
Pulogadung 360 cm (siaga IV)
Pasar Ikan 145 cm (siaga IV)
Waduk Pluit 15 cm

detik.com
Support Full This Blog!! Support Full This Blog!!

0 comments:

Post a Comment